^Back To Top

TEMA : STANDAR MANAJEMEN MUTU (SMM) DALAM KEGIATAN KONSTRUKSI KABUPATEN MUARO JAMBI

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muaro Jambi kembali mengadakan Sosialisasi Jasa Konstruksi yang mengambil Tema : Standar Manajemen Mutu (SMM) Dalam Kegiatan Konstruksi Kabupaten Muaro Jambi. Hal ini ditujukan sebagai upaya meningkatkan Standar Kualitas Pengelolaan Teknis dan Pengawasan.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Jasa Konstruksi H. Fakhrul Roji, SE, MH, acara sosialisasi tersebut turut pula dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muaro Jambi, H. Varial Adhi Putra, ST, MM dan Bapak Asiten II dalam Hal ini mewakili Bapak Bupati Muaro Jambi, berikut para SKPD yang ada dalam Kabupaten Muaro Jambi.

 

Dalam penyampaian Sosialisasi Jasa Konstruksi ini Bapak H. Varial Adhi Putra, ST, MM menyampaikan, Sosialisasi tersebut dilaksanakan agar tercapainya penerapan pelaksanaan SMM dalam pembangunan, oleh penyedia jasa konstruksi sebagai salah satu pelaku pembangunan yang mempunyai peranan yang strategis dalam mewujudkan pembanguunan yang berkualitas.

 

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya tanggal 26 November 2011, kita semua dikejutkan dengan kejadian runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang mengakibatkan korban jiwa lebih dari 20 orang dan harta benda.

 

Salah satu penyebab kejadian ini adalah pelaksanaan SMM pada pekerjaan perawatan kurang memadai. Kejadian ini harus kita jadikan pelajaran yang sangat berharga untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. Oleh sebab itu mengacu kepada Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan Kerja, kita menghimbau dan menyerukan kepada semua pihak harus lebih meningkatkan SMM di semua kegiatan mulai dari perencanaan, pembuatan/pemasangan, pengoperasian/pemakaian dan pemeliharaan terhadap seluruh peralatan produksi dalam upaya sebagai konsumen barang atau jasa hasil produksi atau sebagai pengguna sarana fasilitas umum.

 

Kegiatan pelatihan ini sekaligus merupakan himbauan kepada pengusaha dan tenaga kerja hendaknya lebih banyak mengambil inisiatif dalam meningkatkan kinerja sesuai dengan SMM di tempat kerja masing-masing. Selain itu, saya harapkan juga hendaknya SMM diintegrasikan pada setiap jenjang manajemen perusahaan melalui pendekatan prinsip-prinsip manajemen sehingga dapat mengurangi kecelakaan kerja, dan kualitas hasil kerja yang harus dilaksanakan dan serta menekan tingkat keparahan dan yang selalu kita dambakan bersama yaitu pencapaian kecelakaan nihil (Zero Accident).

 

Pada kesempatan yang baik ini juga, dihimbau kepada masyarakat konstruksi, khususnya badan/perseroan yang bergerak dibidang konstruksi, baik pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta. Untuk  lebih meningkatkan kualitas dan tetap menjaga spesifikasi konstruksi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan baik itu konstruksi jalan, jembatan maupun bangunan. Sehingga banyak konstruksi yang sudah kita buat dapat bertahan cukup lama dan bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan. Demikian kata sambutan yang disampiakan oleh Bapak Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Muaro Jambi pada Pembukaan Acara SMM ini. (3d0)